Mencari tabungan bebas biaya administrasi bulanan

8 comments 5248 views

Kalau Anda punya 2 rekening tabungan di bank, maka kita-kira biaya administrasi yang harus Anda tanggung tiap bulan adalah 2x10.000 rupiah. Belum lagi kalau karena suatu alasan, kita terpaksa mengambil uang melalui mesin ATM bank lain yang mengenakan biaya tambahan. Ditambah, kalau kita juga memegang beberapa kartu kredit yang diterbitkan bank selain bank dimana kita memiliki rekening tabungan itu.

Jadi, kalau ditotal, biaya kita untuk mengakses layanan perbankan tiap bulannya bisa lumayan besar. Alasan itulah yang membuat kita harus mencari alternatif rekening tabungan yang bebas biaya administrasi bulanan.

Pemerintah memang sudah mengampanyekan rekening tabungan macam itu. tabungan bank megaNama produknya adalah “TabunganKu”, dan tersedia di bank umum, BPR, dan BPRS. Setoran awalnya di bawah Rp 100.000, dan tanpa dikutip biaya administrasi bulanan. Selain dua hal itu, fasilitas dan layanan yang diberikan bank pada produk TabunganKu sangat variatif. Biasanya, tanpa fasilitas kartu ATM. Kalaupun diberi kartu ATM, ada limit berapa kali boleh bertransaksi menggunakan ATM. Singkatnya, ini produk yang tidak menjadi prioritas kebanyakan bank swasta.

Kemudian, apakah pilihannya mentok?

Walaupun sedikit, tapi masih ada kok produk tabungan komersial yang bebas biaya administrasi bulanan. Dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi, saya menemukan produk semacam ini dari Bank Mega, Bank Danamon, Bank Permata, BII, dan Standard Chartered. Maaf, dua bank raksasa idola kita (BCA dan Mandiri) tidak mengeluarkan tabungan bebas biaya administrasi – lha wong dibebani biaya saja masih banyak yang mau antre…

Produk tabungan yang bebas biaya

Bank Danamon
Danamon menawarkan tiga tabungan bebas administrasi; Danamon One, Danamon Lebih, dan Flexi Max.
Danamon One membidik kelompok ekonomi menengah, karena itu setoran awal tabungan ini Rp 500.000-Rp 1 juta. Agar bebas biaya, nasabah harus menjaga saldo minimal rata-rata bulanan Rp 6 juta.
Danamon Lebih mengincar nasabah kelas bawah. Produk ini menjanjikan bunga 1%-1,75% per tahun. Selain membebaskan biaya transaksi, tabungan ini memberikan gratis asuransi Rp 10 juta selama enam bulan pertama dan diskon 10% premi tahun pertama.
Danamon Lebih juga menjanjikan dana kembalikan (cashback) 5% dari transaksi dengan kartu debit Danamon di beberapa merchant. Syaratnya, dalam sebulan, minimal transaksi belanja antara Rp 200.000-Rp 1 juta serta menyisakan saldo rata-rata minimum Rp 1 juta.
Adapun FlexiMax dengan setoran awal Rp 1 juta menawarkan fasilitas penghapusan biaya transfer, baik untuk real time gross settlement (RTGS) atau lalu lintas giro (LLG). Produk ini memang lebih ditujukan untuk pengusaha kelas UKM.

Bank Permata
Bank Permata mengeluarkan “Tabungan Bebas” sejak Agustus 2008 dengan fasilitas membebaskan biaya transaksi rutin, khususnya lewat e-banking dan ATM. Biaya tarik tunai di semua jaringan ATM Alto, ATM Bersama, Prima, dan Visa/Plus juga gratis.
Nasabah bisa bebas administrasi dan biaya ATM bila saldo minimum sebanyak Rp 2,5 juta. Bunga Tabungan Bebas ini maksimal 2% per tahun.

Standard Chartered
Sejak Februari 2009, Standard Chartered Bank menawarkan tabungan “E-Saver” dengan setoran perdana Rp 25 juta. Produk ini ditujukan bagi nasabah yang biasa bertransaksi online, via internet maupun telepon.
Nasabah tak dibekali bukti tabungan dan kartu ATM.
Standchart memberi bunga 9% per tahun bagi nasabah produk ini. Syaratnya: saldo minimal harus Rp 10 juta.

Bank Mega
Program unggulan dari tabungan “Mega Berbagi” adalah 1% dari bunga yang jadi hak kita akan dipotong dan didonorkan untuk dana sosial bidang pendidikan. Jadi, sambil menabung sekalian juga beramal. Saldo awal dan minimalnya adalah Rp 500.000, dan mendapatkan akses ATM maupun e-banking (dengan token berbasis ponsel aplikasi Java).

BII
Tabungan dari BII ini dinamai "Tabungan Gold", dengan setoran awal minimum 10 juta rupiah. Selain bebas biaya administrasi bulanan, juga memberikan fasilitas bebas Biaya transfer LLG, bebas Biaya tarik tunai, informasi saldo dan transfer di ATM Bersama/ALTO/Prima, dan diberi akses e-banking.

author
  1. Tabungan bebas biaya administrasi bulanan (untuk anak) @ Investasi2000 hari ago

    [...] mencari alternatif lain untuk tabungan bebas biaya administrasi bulanan? Jika Anda mempunyai anak, mungkin segmen tabungan untuk anak dan pelajar bisa dijadikan [...]

    Reply
  2. author

    WONG LEE1943 hari ago

    Nabung di BRI Syariah aja..Hanya saldo di bawah 25rb yang kena biaya adm sebesar Rp. 2500..

    Reply
  3. Tabungan Bebas Biaya Administrasi Bulanan dari BTN : e’BATARAPOS @ Investasi1875 hari ago

    [...] perburuan informasi yang dulu tentang tabungan bebas biaya administrasi bulanan, kali ini saya tambahkan satu produk tabungan dari BTN ke dalam daftar saya. BTN memang memiliki [...]

    Reply
  4. Tabungan Syariah yang gratis biaya administrasi bulanan @ Investasi1869 hari ago

    [...] bulanan. Diantara yang makin langka itu, saya menemukan masih ada beberapa yang menawarkan produk tabungan gratis biaya administrasi bulanan beserta [...]

    Reply
  5. author

    ujang1796 hari ago

    ternyata cukup banyak juga yah, bank yang membebaskan biaya adminya.
    Makasih infonya.

    Reply
  6. Lebih Baik Jadi Nasabah Tabungan Asuransi, Daripada Menabung Di Bank @ Investasi1743 hari ago

    [...] orang yang bermaksud benar-benar menabung, pilihannya adalah menggunakan rekening berbiaya rendah atau gratis. Atau pilihan kedua, menabungkannya dalam rekening [...]

    Reply
  7. author

    Herbal Alami1712 hari ago

    WAduh baru tau dua Raksasa itu yang masih aktip menjaring biaya administrasi bulanan

    Reply
  8. author

    hanna1480 hari ago

    Bwt agan2 yg mw buka rek tnpa biaya admin, coba ja buka tabungan BRI Syariah..
    Dgn setoran awal 50rb,sdh bs mnikmati fasilitas bebas biaya admin, bebas tarik tunai & cek saldo d atm manapun (baik atm bersama atau atm prima), bebas biaya transfer ke bank manapun..
    Gda minimum saldo utk menikmati fasilitas diatas..

    Reply

Leave a reply "Mencari tabungan bebas biaya administrasi bulanan"