Kesempatan Publisher untuk Mendapat Pendapatan dari Situs Berbahasa Indonesia dari Adsense Makin Besar

Kehadiran Google di Indonesia memang banyak menimbulkan antusiasme baru. Dimulai dengan dukungan AdSense berbahasa Indonesia, tahun ini Google juga giat menjual jasanya di Indonesia. Sejak 2 Februari lalu, situs mesin pencari terbesar itu telah memasukkan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa yang didukung untuk Google AdSense.

Artinya, dengan mendukung Bahasa Indonesia, blog atau situs berbahasa Indonesia bisa mendapat pendapatan iklan lewat Google AdSense. Google AdSense adalah produk penyedia iklan online Pay per Click (PPC) dan Pay per Impression (PPI). Dengan pola iklan PPI dan PPC, pemilik website atau blog bisa mendapatkan uang lewat perusahaan penyedia iklan displai online Ini.

Menurut Niken Sasmaya, Online Partnership Group (OPG) Account Manager Google untuk Indonesia, sejak dua tahun lalu, para pemilik situs dan blog dari
Indonesia meminta Google mendukung situs berbahasa Indonesia. Selama ini, untuk bisa mendapat iklan dan AdSense, pemilik blog atau situs di Indonesia harus mengembangkan konten situsnya dalam bahasa Inggris.
Apalagi, faktanya, basis terbesar publisher Google AdSense di Asia Tenggara berasal dari Indonesia. "Saat ini, ada lebih dari 30.000 publisher AdSense, besar maupun kecil yang terdaftar dari Indonesia," kata Niken. Kalau konten bahasa Indonesia diizinkan untuk mendaftar ke AdSense, jumlah itu seharusnya lebih besar lagi.

Selain untuk memperbesar basis publisher, dengan langkah ini Google juga berharap, lebih banyak lagi jumlah pengiklan lokal dari Indonesia yang mendaftar ke AdSense. Dengan peningkatan jumlah pengiklan lokal, Google berharap mampu meningkatkan revenue juga bagi publisher.

Google melihat potensi online display advertising di Indonesia begitu besar. Setiap hari, Google menerima lebih dari 700 juta impression atau displai iklan di internet melalui AdSense dari Indonesia. Ia yakin, setelah konten bahasa Indonesia ini diluncurkan, jumlah permohonan aplikasi pengiklan dan publisher AdSense dari Indonesia makin membludak.

Bahkan, brand-brand internet besar seperti Agoda dan Groupon yang menjadi klien global Google AdSense ternyata sudah lama ingin beriklan di Indonesia. Agoda adalah perusahaan internet yang menyediakan reservasi hotel online di wilayah Asia Pasifik. Sedangkan, Groupon melupakan bisnis daily deal yang menawarkan pelbagai voucer dan diskon belanja. [disadur dari Kontan]

author
  1. Publisher Iklan PPC Lokal Tak Gentar Hadapi Adsense @ Investasi1966 hari ago

    [...] menunjukkan keseriusannya menjaga pertumbuhan bisnis AdSense di Indonesia. Apalagi jika mengingat bahwa pemasukan dari AdSense mencapai hampir 30% dari total penghasilannya. [...]

    Reply
  2. author

    DYTAGrosir.com1817 hari ago

    Terima kasih atas artikel nya. Sangat bermanfaat

    Reply
  3. author

    sya'roni1776 hari ago

    Trmksih… Sgt mmbntu n mmprluas wawasan

    Reply

Leave a reply "Kesempatan Publisher untuk Mendapat Pendapatan dari Situs Berbahasa Indonesia dari Adsense Makin Besar"