Membeli Emas Batangan secara kredit

1 comment 2025 views

Anda tak perlu bingung memikirkan cara Investasi emas. Kalau tidak mampu membeli emas secara tunai, kini, pegadaian dan bank syariah menawarkan cicilan emas batangan. Produk ini sebenarnya sama dengan pembiayaan pembelian emas. Anda harus menanggung biaya administrasi dan biaya sewa tempat penyimpanan. Cicilan emas ini mulai dari 10 gram sampai 1 kilogram, dengan jangka waktu pelunasan mulai dari setahun sampai 10 tahun.

Yang perlu Anda siapkan adalah dana tunai sebesar 10% dari harga emas yang hendak Anda cicil. Misalnya ingin membeli emas 100 gram dengan cara cicilan, maka Anda harus menyiapkan dana minimal sekitar Rp 5,3 juta. Jumlah itu masih ditambah dengan biaya administrasi yang nilainya berbeda. Di pegadaian, emas yang bisa dikredit minimal 5 gram, dengan maksimal angsuran dua tahun.

Lebih bagus kalau Anda tetapkan dulu tujuan investasi. Apakah Anda mengumpulkan emas sekadar menabung, untuk mempersiapkan pendidikan anak, persiapan masa pensiun, wisata, ataukah untuk naik haji.

Setelah tujuan investasi jelas, tetapkan jumlah dana yang ingin dicapai. Lalu konversilah dana tersebut ke dalam emas sesuai dengan harga sekarang. Dengan cara itu Anda mengetahui jumlah emas yang perlu dikumpulkan. Misalnya, untuk pensiun Anda ingin menyiapkan dana Rp 5 miliar. Jumlahnya saat ini setara dengan emas berbobot sekitar 10 kilogram.

Selanjutnya hitung jangka waktu yang ingin dicapai dalam mengumpulkan emas tersebut. Misalkan 20 tahun ke depan, maka Anda harus mengumpulkan emas sebanyak 500 gram tiap tahun atau sekitar 42 gram per bulan. Hitungan seperti ini bisa Anda terapkan untuk tujuan investasi lain. Tapi, memang sebaiknya tidak semua investasi berbentuk emas. Disarankan portofolio emas cukup 5%-10% dari total investasi, dan pilih emas fisik yang batangan. [sumber:Kontan]

author
  1. Jurus Dasar dalam berkebun emas @ Investasi2689 hari ago

    [...] tahun seperti sekarang, emas terakhir yang Anda pegang bakal mencukupi untuk menebus harga pokok kredit pembelian emas dari empat emas yang telah digadai [...]

    Reply

Leave a reply "Membeli Emas Batangan secara kredit"