Kurs Nilai Tukar Dollar dari Western Union dan pencairan Adsense

Buat yang tiap bulan sudah rutin mendapatkan wesel dari Google via Western Union, mungkin cukup penasaran dengan nilai patokan yang digunakan oleh WU. Pastinya, WU punya standar nilai tukar yang tersendiri, tidak sama dengan exchange rate yang digunakan di bank lainnya.

Yang resmi menurut WU, mereka juga menyediakan semacam kalkulator untuk mengetahui nilai yang berlaku saat ini. Menurut pengamatan saya, angka yang tercantum di Curency Converter milik WU berupa pembulatan yang tidak presisi. Ketika saya membuat tulisan ini, 1 USD dengan standar kurs tengah bernilai Rp 9.657. Jadi, selisihnya dengan nilai tukar di situs WU adalah 57 rupiah per US Dollar.

Jumlah selisih kurs sebesar itu sebetulnya terbilang wajar, mengingat kurs beli dari BCA, BNI, dan Mandiri saja hari-hari ini mengambil selisih 10-150 rupiah dari kurs interbank atau kurs beli patokan BI. Kalau saya sendiri biasanya menghitung nilainya sekitar 0,98xnilai kurs USD. Dan biasanya tak beda jauh dengan jumlah yang saya terima dari agen WU. Oiya, kalau mau mencairkan WU via bank, kurs yang digunakan adalah nilai kurs beli. Karena, pada dasarnya bank dalam hal ini "membeli" dollar yang menjadi hak kita dengan nilai rupiah yang dia tawarkan.

Untuk prosedur pencairannya juga cukup mudah, karena selain agen-agen independen (biasanya jadi satu dengan jasa money changer), WU juga bisa dicairkan melalui Pos Indonesia, JNE, Pegadaian, Indomaret, Uang Kita, dan bank-bank berikut:

Bank BII, Bank Danamon, Bank Saudara, Bank Jabar Banten, Bank BRI, Bank BTN, Bank Syariah Mandiri, Bank Bumiputera, Bank Nagari, Rabobank, Bank Jatim, Bank Sumsel Babel, Bank Kalbar, Bank Jateng, CIMB Niaga Mikro Laju, Bank Mestika, Andalusia Antar Benua, Bank DKI.

FYI, kalau mau mencairkan melalui agen kecil (termasuk Indomaret atau Kantor Pos yang skalanya kecil), ada hal-hal ekstra yang perlu juga dipertimbangkan. Pertama, mereka biasanya tidak punya cukup banyak stok dana tunai (sudah disetor ke bendahara gan!), sehingga untuk nilai di atas USD 500 mungkin agak berat buat mereka. Kedua, perhatikan timing-nya, karena biasanya di pagi hari mereka punya stok dana terbatas yang hanya diperkirakan cukup buat uang kembalian pelanggan. So, kalau mau mencairkan dana di tempat seperti itu lebih aman kalau sudah lewat jam makan siang, dan jumlahnya di bawah itu.

Trus, biasanya tempat seperti Indomaret (berdasarkan pengalaman pribadi), mengingat tingkatan pengetahuan kasir nya yang beragam atau kadang karena akses internetnya pas super lemot, Anda agak kesulitan atau bahkan ditolak mencairkan WU karena alasan kasirnya belum tau cara mencairkannya (kadang dibungkus dengan alasan teknis programnya belum terpasang dll., padahal cukup pakai browser saja...)! Akhirnya, walaupun berkali-kali mencairkan WU, saya baru sekali sukses mencairkannya via Indomaret, dan 2 kali sebelumnya gagal.

westerunion-sahrukhkhan

Tapi, yang pasti, di manapun Anda akan mencairkan pendapatan Adsense Anda via WU, pastikan di dompet Anda sudah tersedia fotokopi SIM/KTP untuk keperluan pencairannya. Mengingat, waktu awal-awal terima WU saya sendiri sering kelupaan bawa fotokopian KTP. Kalau pas berada di daerah yang jarang mahasiswa, kan susah cari tempat fotokopi...

author
  1. author

    eko2128 hari ago

    makasih mas pengalamannya,,,apakah kurs antara indomaret sama kantor pos berbeda atau sama aja??

    Kursnya sama saja, karena yang menentukan nilai tukar adalah WU, bukan agen

    Reply
  2. author

    Kris1944 hari ago

    Apa ini nilai tukar update terbaru..?

    Reply
  3. author

    Lily1919 hari ago

    Saya mau tanya, hari ini saya pertama kali mencairkan adsense di Danamon dan kurs beli usd bank tersebut pada hari ini sekitar 10.300, sedangkan saya diberi tahu kurs WU 9.700. Sedangkan kalau saya lihat di link web yang diberikan di post ini kursnya adalah 10.600. Apakah memang wajar kurs WU yang diberikan bank selisihnya sampai dengan 600rupiah/usd dengan kurs banknya? Terima kasih :)

    Kurs Western Union tidak berkaitan dengan kurs yang digunakan bank tempat Anda mencairkan, karena mereka hanyalah agen. Yang lebih penting, kurs WU ditetapkan saat uang dikirimkan, bukan saat uang dicairkan oleh penerima

    Reply
  4. author

    Angga Permana1885 hari ago

    Berapa dollar gan agar google adsense bisa cair dan bagaimana cara buat bukti di westen union apa saja syarat yg di tentukan ^_^

    Reply
  5. author

    Krisna1853 hari ago

    Makasih untuk informasi update kurs nya.

    Reply
  6. author

    moko1841 hari ago

    lmayan dollar lg naik gan hhhhh

    Reply
  7. author

    darto1694 hari ago

    terima kasih atas info nya mas gan, bermanfaat banget buat saya yang baru belajar nerima pembayaran lewat WU, suksen selalu,,,

    Reply

Leave a reply "Kurs Nilai Tukar Dollar dari Western Union dan pencairan Adsense"