Performa IIX 1 Gbps, Kado 17-an dari APJII

No comment 1041 views

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) meningkatkan performa Indonesia Internet Exchange (IIX), dari 10 Mbps menjadi 1 Gbps. Tapi tidak semua jalur IIX mengalami peningkatan. Lalu yang mana saja?

Peningkatan unjuk kerja tersebut menyangkut kapasitas koneksi dari node IIX-JK2 di Gedung Cyber ke node IIX-JK3 di Plaza Kuningan. Jika sebelumnya berkapasitas 10 megabit per second (Mbps) dari Kabelvision, kapasitasnya kini ditingkatkan menjadi 1 gigabit per second (Gbps).

Hal itu diungkap APJII melalui keterangan tertulis yang diterima detikinet, Kamis (18/8/2005). Peningkatan unjuk kerja tersebut, menurut Kepala Bidang Organisasi APJII, Sapto Anggoro, dilakukan untuk memberikan layanan yang maksimal kepada anggota.

"Karena kebutuhan anggota dalam asosiasi ini sudah semakin tinggi, maka APJII harus melakukan perbaikan yang signifikan. Ini dimaksudkan agar para ISP sebagai anggota APJII dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggannya masing-masing," kata Sapto seperti dikutip dari siaran pers yang diterima detikinet.

Peningkatan kapasitas ini dilakukan sejak 17 Agustus 2005, sebagai kado hari Kemerdekaan RI. Pengingkatan unjuk kerja IIX ini adalah realisasi dari blueprint IIX network yang sudah disosialisasikan kepada anggota APJII pada 5 Agustus lalu.

Seperti diketahui, di Jakarta ada 3 node IIX yang masing-masing berada di Gedung Cyber (IIX JK2), di Gedung CBD (IIX JK1) hasil relokasi dari IIX JK1 di gedung Telkom Jl. Gatot Subroto, dan IIX JK3 yang berada di Gedung Plaza Kuningan.

Diakui bahwa peningkatan kapasitas menjadi 1 Gbps ini baru antar IIX JK2 menuju IIX JK3. Namun, beberapa bulan lagi APJII mengaku akan segera mewujudkan link antar-IIX yang belum tersambung secara langsung, yakni antara IIX-JK1 dengan IIX-JK2, dan IIX-JK1 dengan IIX-JK3.

Rencanakan Alur Segitiga

Dikatakan Sapto, APJII dalam rencana ke depannya akan mewujudkan link triangle (alur segitiga) antar ketiga IIX yang ada. Sehingga apabila ada jalur dark fiber yang bermasalah atau down, maka bisa memanfaatkan jalur sisi yang lain.

Untuk mempercepat implemntasi link triangle tersebut, diakui APJII memang bukan perkara mudah. Oleh karena itu, ujar Sapto, APJII membuka kesempatan kepada perusahaan yang berminat menyediakan dark fiber antara node-node tersebut.

APJII yang saat ini beranggotakan 118 ISP, menyatakan bahwa pihaknya tidak hanya berkonsentrasi di Jakarta. Selain tiga IIX di Jakarta, sudah terealisasi IIX Yogya dan IIX Surabaya. Akan segera menyusul adalah IIX-Bandung dan IIX Bali.

IIX di Yogya dan Surabaya lebih banyak digunakan untuk peering antar ISP setempat. Selanjutnya APJII berencana mewujudkan koneksi antar-node di IIX tersebut. ( nks/detik.com )

author

Leave a reply "Performa IIX 1 Gbps, Kado 17-an dari APJII"