Ada beberapa jenis iklan online yang selama ini jamak dipraktikkan. Contohnya, pay per click (PPC) atau pay per impression (PPI), pay per action, pay per tweet, dan pay per post. Apa perbedaannya?
Dalam PPC, misalnya, pengiklan wajib membayar sesuai jumlah pengunjung situs, blog, atau jejaring sosial yang mengklik iklan mereka di laman-lam-an itu. Beda lagi mekanisme dalam pay per action. Pengiklan membayar jika pengunjung yang mengklik melakukan aksi di situs, blog, atawa jejaring sosial, seperti mendaftar menjadi member.
Mekanisme pay per tweet yaitu pengiklan membayar seorang blogger member perusahaan iklan yang diminta untuk mengirim tweet di Twitter. Adapun pay per post, pengiklan membayar postingan seseorang di situs atau blog yang mengulas produk mereka.
Yang paling populer bagi pengiklan adalah iklan PPC. Proses memasang iklan gampang saja. Cukup mendaftar via online ke perusahaan penyedia iklan online untuk mendapatkan login member, lantas, tinggal ikuti prosedur dan iklan sudah terpasang di situs, blog, atau jejaring sosial yang Anda inginkan.
Penyedia iklan online yang paling populer saat ini adalah Google AdSense. Namun, semakin banyak banyak perusahaan iklan online lokal yang membidik pasar sama, seperti idblogNetwork, AdsenseCamp, KlikSaya, PPCIndo, Sitti, dan KumpuIBIogger. [kontan12-18/03/2012]