Perbedaan PPC, PPI, Pay Per Action, hingga pay per tweet/post

Ada beberapa jenis iklan online yang selama ini ja­mak dipraktikkan. Contohnya, pay per click (PPC) atau pay per impression (PPI), pay per action, pay per tweet, dan pay per post. Apa perbedaannya?

Dalam PPC, misalnya, peng­iklan wajib membayar sesuai jumlah pengunjung situs, blog, atau jejaring sosial yang meng­klik iklan mereka di laman-lam-an itu. Beda lagi mekanisme dalam pay per action. Pengik­lan membayar jika pengunjung yang mengklik melakukan aksi di situs, blog, atawa jejaring sosial, seperti mendaftar men­jadi member.

Mekanisme pay per tweet yaitu pengiklan membayar seo­rang blogger member perusa­haan iklan yang diminta untuk mengirim tweet di Twitter. Adapun pay per post, pengiklan membayar postingan seseo­rang di situs atau blog yang mengulas produk mereka.

Yang paling populer bagi pengiklan adalah iklan PPC. Proses memasang iklan gam­pang saja. Cukup mendaftar via online ke perusahaan pe­nyedia iklan online untuk men­dapatkan login member, lan­tas, tinggal ikuti prosedur dan iklan sudah terpasang di situs, blog, atau jejaring sosial yang Anda inginkan.

Penyedia iklan online yang paling populer saat ini adalah Google AdSense. Namun, semakin banyak banyak perusahaan iklan online lokal yang membidik pasar sama, seperti idblogNetwork, AdsenseCamp, KlikSaya, PPCIndo, Sitti, dan KumpuIBIogger. [kontan12-18/03/2012]

author

Leave a reply "Perbedaan PPC, PPI, Pay Per Action, hingga pay per tweet/post"