Meraih Pagerank dengan Berinvestasi dalam Remotely Hosted Service

Sudah berapa banyak backlink yg sudah Anda dapatkan akhir2 ini? Sudah berapa halaman postingan blog sudah Anda produksi dalam blog yang Anda kelola?

Jawaban dua pertanyaan itu sangat penting untuk mengukur efektifitas kerja kita mengejar pagerank. Sebagai ilustrasi, saya punya dua situs sebagai sampel studi SEO kita.

Situs A punya lebih dari 5.000 halaman posting di dalamnya. Situs B hanya punya sekitar 100 halaman posting. Keduanya punya pagerank yg sama. Menurut Google, situs A punya 31 baclink, sedangkan situs B punya 24 backlink. Situs mana yg lebih efektif dalam meraih backlink? Ya, tentu saja situs B.

Mengapa bisa seperti itu?

Rahasianya, situs A hanya mengandalkan konten, sedangkan situs B punya layanan ekstra untuk dipasang di widget blog yg meminatinya. Dan jumlah peminat layanan gratis yg ditawarkan situs B ternyata memang cukup banyak. Maka dengan sendirinya, situs B hampir bisa dipastikan pagerank-nya akan terus naik walaupun isinya tak pernah diupdate sekalipun!

Menyediakan layanan tertentu dengan imbalan backlink memang cukup jamak dilakukan. Namun, walaupun cukup menjanjikan, nyatanya jarang yg melakukannya. Hambatannya apalagi kalau bukan kemampuan teknis.

Namun, cobalah sedikit berhitung lebih dalam.

Untuk membuat layanan tertentu berbasis software, remotely hosted service, dan semacamnya, investasi yg perlu dilakukan hanya sekali saja. Katakanlah kisarannya antara US$ 100 sampai 400 untuk menggaji tenaga outsource yg mengerjakannya untuk kita atau membeli lisensi software jadi. Setelah itu, cukup diiklankan sejenak, dan biarkan mekanisme iklan word of mouth bekerja. Kalau layanan yg Anda sediakan banyak dibutuhkan orang, orang lain akan banyak mempromosikan layanan Anda dengan sukarela :) bagus bukan?

Bandingkan kalau Anda investasikan uang dan waktu untuk memperbanyak jumlah posting, sembari menunggu ada orang yg sudi mengapresiasi tulisan Anda dengan memberikan backlink--mana yg lebih efektif?

Lagipula, kalau Anda memiliki situs dengan postingan dibawah 1000 halaman, dan tak Anda update dalam tempo 2 tahun setelah postingan terakhir, hampir bisa dipastikan Google akan dengan senang hati meninjau pagerank Anda. Saya pernah membuktikan hal ini ;) Jadi, mengelola situs web berbasis konten memang pekerjaan yg dawam, sekalipun kita awalnya bertujuan masuk ke segmen timeless content untuk meminimalisir pekerjaan menulis.

Untuk mengawali sebuah layanan web yg akan punya prospek, Anda harus mengawalinya dengan ide. Setidaknya list contoh2 layanan web ini kan membantu Anda bereksplorasi:

Layanan berbasis software khusus:

Layanan jenis image-widget, seperti button kalender hijriah dari Jentayu.com, button cuaca seperti WUnderground.com, dan beragam page counter.

Sebagai penutup, kita harus selalu ingat bahwa whitehat SEO untuk mengumpulkan backlink secara jujur, tatarannya bukan lagi teknis. Mengumpulkan backlink adalah seni social engineering, suatu tindakan untuk membuat orang lain melakukan sesuatu untuk kita secara sukarela. Mereka akan melakukannya dengan sukarela kalau kita memang memberikan value buat mereka.

author

Leave a reply "Meraih Pagerank dengan Berinvestasi dalam Remotely Hosted Service"