IIX Surabaya akan Diluncurkan Akhir Mei 2004

No comment 1170 views

Akhir Mei nanti koneksi Internet di Surabaya akan mengalami perbaikan. Sebab saat itu Indonesia Internet Exchange Surabaya akan diluncurkan.

IIX Surabaya rencananya akan diluncurkan pada akhir Mei 2004 ini. Hal itu diungkapkan Romi H. Budiardjo, Sekjen APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) Jawa Timur kepada detikcom, Rabu (14/04/04).

IIX merupakan sebuah jalur interkoneksi antar ISP (Internet Service Provider) di Indonesia. IIX dapat mengurangi ketergantungan ISP lokal pada jaringan luar negeri. Sehingga, selain menghemat biaya, jalur tersebut juga memudahkan pemecahan masalah (troubleshooting).

Sampai sekarang, IIX yang beroperasi penuh hanya berada di wilayah Jakarta. Sedangkan untuk wilayah di luar Jakarta masih harus menanggung biaya cukup mahal jika harus 'interlokal' ke IIX di Jakarta.

Romi merencanakan, pada saat peluncurannya, IIX Surabaya akan menghubungkan 12 ISP dari 16 ISP yang ada di ibukota Jawa Timur itu. "Saat ini sudah ada 4 ISP yang terhubung.. yang sudah pasti akan menghubungkan diri ada 12 ISP," ujarnya.

Telkom Belum Mau Ikut

Sayangnya, sampai saat ini, ISP dari PT Telkom belum menyatakan keinginannya untuk menghubungkan diri pada IIX Surabaya itu. Padahal, diperkirakan, cukup banyak pengguna Internet yang melakukan dial up koneksi Internet lewat TelkomNet Instan.

Romi mengaku pihaknya terus melakukan pendekatan pada Telkom, namun sepertinya ada hambatan birokrasi. "Kadang-kadang (di Telkom -red.) level pemikirannya cukup banyak... ya sudah, kita jalan saja dulu, biar ada bukti riil.. karena secara teknis sudah siap," jelasnya.

Di Surabaya sendiri, Romi memperkirakan, ada lebih dari 10.000 pengguna Internet. Kebanyakan pengguna tersebut, saat ini, menggunakan ISP yang membuat sambungan sendiri ke IIX di Jakarta.

IIX Surabaya nantinya akan menghubungkan semua ISP lokal di Surabaya. Sehingga, sambungan antar ISP di Surabaya tidak perlu melalui 'interlokal' ke Jakarta, apalagi lewat jalur internasional. "IIX Surabaya sementara ini belum memiliki sambungan ke IIX Jakarta... jadi (kebanyakan ISP) punya dua koneksi, satu ke Surabaya dan satu ke Jakarta," imbuh CEO ISP Mitra.Net ini. ( wsh/detik.com )

author

Leave a reply "IIX Surabaya akan Diluncurkan Akhir Mei 2004"