Tanpa Surat Kehilangan, Ganti Kartu ATM Paspor BCA Lebih Mudah

Bank sekarang memang aneh, terutama kalau berurusan dengan penarikan uang. Sudah bawa buku tabungan, ngisi slip yang dikasihkan ke teller, eh masih diminta menggesekkan kartu ATM pula. Jadi, fungsi teller di bank bener-bener makin tereduksi oleh sistem dan mesin-mesin. Dan, itu juga berarti, Anda benar-benar dalam masalah besar kalau sampai kehilangan kartu ATM BCA yang bernama PASPOR BCA itu.

Bagi yang masih pegang KeyBCA untuk transaksi online, mungkin berpikir ”ah, kan masih bisa transaksi online”. Awalnya, saya pikir juga begitu. Asalkan masih bisa e-banking, semua pasti bisa diatasi. Sampai suatu saat, saya perlu mentranser ke rekening Bank Mandiri, dan ketika mendaftarkan rekening tujuan transfer di e-banking saya muncullah kalimat

” UNTUK PENDAFTARAN REKENING TUJUAN TRANSFER KE BANK LAIN,
SILAKAN HUBUNGI HALO BCA DI 500888 ATAU (021) 500888 DARI PONSEL”


Entah sejak kapan BCA menerapkan aturan yang samasekali tidak praktis ini. Perasaan, dulu kalau mau mendaftarkan rekening bisa langsung via internet banking tanpa perlu prosedur ekstra yang makan pulsa ini.

Saya kemudian menelepon ke nomor tersebut seperti yang diminta BCA dari nomer CDMA saya makan pulsa hampir 10ribu, dan hasilnya nol besar. Kenapa? Karena ujung-ujungnya saya masih ditanya berapa nomer kartu PASPOR BCA saya!! Ya, mana mungkin saya ingat, kecuali kalau saya pernah punya scan atau memfotokopinya. Gara-gara prosedur aneh ini, terpaksa saya tak bisa mentransfer hari itu.

Tapi, masih untung saya diberitahu kalau prosedur penggantian PASPOR BCA sekarang lebih mudah. Cukup bawa buku tabungan Tahapan BCA dan identitas yang masih berlaku ke cabang terdekat, kita bisa dapat kartu pengganti saat itu juga. Tak perlu pergi ke cabang asal, tak perlu juga mengurus surat keterangan kehilangan dari kepolisian yang pastinya juga butuh waktu dan biaya ekstra.

Sebetulnya, saat itu CS BCA yang saya temui menawarkan dua opsi kartu. Yang pertama kartu dengan nama kita tercetak di atasnya, dan ini butuh waktu seminggu sampai 10 hari. Yang kedua kartu instan yang bisa langsung dipakai tapi tanpa nama pemiliknya tercetak. Ya, tentu saya memilih kartu instan. Biaya yang dikenakan untuk penggantian kartu adalah 10 ribu rupiah, langsung didebet dari saldo rekening pemohon.

Setelah kartu saya terima, CS BCA menerangkan kalau kartu ATM bisa langsung dipakai bertransaksi seperti biasa. Namun, untuk sementara fasilitas online banking terblokir secara otomatis dan baru bisa dipakai pada tanggal berikutnya. Untuk hal ini tidak terlalu masalah, yang penting bisa kembali bertransaksi biar tak kehilangan kepercayaan relasi :)

bca-konsumen

author
  1. author

    visit website2415 hari ago

    I almost never comment, but i did some searching and
    wound up here Tanpa Surat Kehilangan, Ganti Kartu ATM Paspor BCA
    Lebih Mudah @ Investasi. And I actually do have 2 questions for you if it’s allright. Is it just me or does it look like some of these comments look like they are coming from brain dead people? :-P And, if you are posting at other sites, I would like to follow anything fresh you have to post. Would you make a list of all of all your community pages like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

    Reply
  2. author

    anindy2138 hari ago

    Kok saya bisa-bisa aj tu transfer ke rekening bank lain, dan setahu saya hanya ke Bank Mandiri yang tidak bisa, begitu juga sebaliknya juga ga bisa;p

    Reply

Leave a reply "Tanpa Surat Kehilangan, Ganti Kartu ATM Paspor BCA Lebih Mudah"