Publisher Iklan PPC Lokal Tak Gentar Hadapi Adsense

1 comment 1517 views

Google menunjukkan keseriusannya menjaga pertumbuhan bisnis AdSense di Indonesia. Apalagi jika mengingat bahwa pemasukan dari AdSense mencapai hampir 30% dari total penghasilannya. Selain membuka akses konten bahasa Indonesia, Google juga telah mendirikan kantor di Jakarta. Sebelum ini, seluruh aktivitas untuk mengurusi bisnis Google di Indonesia dikendalikan dari Singapura.
Kantor Google di Indonesia difungsikan bukan hanya mengurusi AdSense, tapi juga produk Google lain seperti AdWords, dan konten enterprise seperti Google Maps.

Apakah masuknya Google ini tidak memuat gentar perusahaan penyedia iklan online lokal? Ogi Sigit Pomawan, pendiri AdsenseCamp, konon tidak khawatir Google AdSense bakal menguasai pasar iklan online. Menurutnya, sukses bisnis ini tergantung dari servis tiap perusahaan. Adsense-Camp, misalnya, menawarkan kemudahan dalam pelayanan ke pengiklan dan pemilik blog atau situs dengan beroperasi selama 24 jam nonstop dan memberi respon real time.

AdsenseCamp juga mengklaim tak memberi syarat berbelit untuk para publisher, seperti wajib punya kartu kredit, karena kebanyakan pengiklan adalah usaha kecil dan menengah (UKM) yang tidak memiliki kartu kredit.
Selain itu, skema pengiklanan juga dibuat lebih sederhana dan mudah dengan sistem fixed rate, bukan bidding. Dengan sistem bidding, menurut Ogi banyak yang mengeluh, giliran memilih tarif mahal, deposit langsung habis. Tapi giliran memilih tarif murah, tidak ada yang mengeklik.

Pemilik KlikSaya, David Ciang, melihat, ceruk pasar yang bakal dikuasai Google berbeda dengan perusahaan lokal. Menurutnya, pengiklan UKM pasti lebih suka perusahaan lokal karena proses aplikasi dan penayangannya lebih mudah.

Selain itu, perusahaan lokal biasanya lebih longgar dalam pengiriman uang hasil iklan. Di Kliksaya, besaran minimalnya Rp 60.000. Ini membantu pemilik blog atau situs sehingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk menerima uang. Bandingkan dengan Google AdSense yang mengirim uang hasil iklan jika sudah mencapai US$ 100 atau sekitar Rp 1 juta.

Apalagi, selama ini, Google belum mendukung pengiriman uang lewat transfer antarbank di Indonesia. Metode pembayarannya baru tersedia dalam bentuk cek, secure check, dan Western Union.

author
  1. author

    Adiguna2342 hari ago

    Salam kenal gan.

    Sy sudah cukup lama jadi member google adsense.
    Tapi penhasilannya minim banget.
    Bagaimana cara agar penghasilan sebagai publisher bisa meningkat.

    Tks.

    Reply

Leave a reply "Publisher Iklan PPC Lokal Tak Gentar Hadapi Adsense"