Kenapa pebisnis online harus punya kartu kredit?

No comment 837 views

Pebisnis terbaik adalah yang mampu memulai dan menjalankan usahanya tanpa modal sendiri. Dan, kartu kredit adalah salah satu sumber modal usaha yang sangat mudah didapat.

Fitur utama dari kartu kredit adalah kemampuannya untuk "membeli waktu". Artinya, Anda bisa meminjam modal sebesar limit kartu Anda, selama satu periode pembayaran sebelum jatuh tempo tanpa dikenakan bunga sama sekali! Itulah alasan utama kenapa pengusaha setidaknya harus memiliki dua kartu kredit dengan tanggal jatuh tempo yg cukup di tangannya.

Selain itu, kartu kredit adalah passport-nya bisnis online. Untuk berbisnis di internet, semua transaksi dilakukan melalui kartu kredit. Memang bisa saja mengakali proses verifikasi di beberapa payment processor dengan VCC, dan membeli saldo paypal untuk bertransaksi. Tapi dalam frekuensi transaksi yang tinggi, itu malah menyulitkan kelancaran putaran modal. Apalagi kita sebagai penduduk Indonesia, yang produk kartu debit keluaran bank manapun di negeri ini tak diterima untuk pembayaran online.

Yang paling penting dalam menggunakan kartu kredit adalah soal pembayaran. Sepanjang cashflow Anda aman, ada baiknya tagihan kaitu kredit itu segera dilunasi sehingga Anda pun terbebas dari biaya bunga Maklum, bunga kartu kredit merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Apalagi di Indonesia, berlaku sistem bunga berbunga bagi kartu kredit. Jadi, jika tak segera dilunasi, saldo utang kartu kredit akan makin menumpuk.

Tapi, andaikata cashflow tak mencukupi, Anda bisa membayar sebagian. Asal, pada bulan berikutnya Anda melakukan pelunasan untuk menghindari beban bunga yang besar. Meski terasa berat, jangan sampai menunggak terlalu lama karena hal itu akan mempengaruhi rekam sejarah (track record) Anda di bank.

Untuk memanfaatkan kartu kredit dengan baik, perilaku yang konsumtif tetap harus dihindari, Seringkali, kita memang tergiur dengan berbagai diskon yang ditawarkan, hingga lupa diri dan terjebak dengan belanja di luar perencanaan.

Oleh karena itu, supaya pengelolaan kartu kredit lebih gampang, disarankan agar Anda hanya memiliki maksimal dua kartu kredit. Satu kartu kredit dipakai untuk melakukan pembayaran tagihan rutin, seperti pembayaran listrik, telepon, asuransi, dan lainnya. Adapun kartu kredit yang lain mungkin bisa dipergunakan untuk belanja rutin, seperti belanja kebutuhan dapur serta dana cadangan untuk kebutuhan darurat.

author

Leave a reply "Kenapa pebisnis online harus punya kartu kredit?"